Beranda Pendidikan 8 Bahaya Akibat Lidah Yang Tidak Terjaga

8 Bahaya Akibat Lidah Yang Tidak Terjaga

Akibat Lidah Yang Tidak Terjaga

Bahaya Akibat Lidah Yang Tidak Terjaga – Lidah tidak bertulang, Tetapi berdaging. Ketajaman lidah bisa Melebihi pisau yang baru di asah. Seperti pisau, jika salah di gunakan akan melukai seseorang, Dan jika di gunakan dengan baik, akan menimbulkan manfaat. Ketika Lisanmu tak terjaga, Apakah hatimu tenang, akankah hatimu nyaman? Tentunya tidak.

Akibat Lidah yang tidak terjaga

Akibat Lidah Yang Tidak Terjaga

1. Membuat Orang sakit hati

Lisan yang baik adalah lisan yang memilah kalimat yang akan di ungkapkan.
Lidah yang baik adalah lidah yang terjaga.

Orang akan merasa tersakiti oleh perkataan yang sadis, jadi perbaikilah lisan. Lidah itu berbahaya, Sebelum berkata sebaiknya berfikir dahulu. Orang yang sakit hati terhadap perkataan orang lain akan merasa sedih, Dia merasa di tusuk oleh pisau tajam dan juga duri-duri tajam. Air mata menetes, Jika dia Orang yang kuat air matanya masih bisa untuk di tahan. Perkataan yang sadis juga menimbulkan bekas di kepala sekaligus di hati, Yang sulit di lupakan walau sudah memaafkan.
Mulai sekarang, jaga lisan! Pergunakan lidahmu dengan baik.

2. Membuat Orang tidak suka kepadamu

Dulunya, baik-baik saja. Sekarang karena lidah yang tak terjaga dan lisan yang berbahaya, orang tidak menyukaimu. Salahkah kamu? tentu. Jika di logika, Sesorang yang merasa tersakiti dengan lisan mu akan berbeda, walau sifatnya baik, ramah, sabar jika dia merasa sangat tersakiti dia tidak suka lagi kepadamu. Bahkan orang yang kamu sayang, jika dia sudah tau ketajaman lidahmu, dia mungkin tidak suka lagi kepadamu. Diam lebih baik, dari pada berkata sadis, dan melukai hati orang lain. Sadarlah, kebaikan itu indah, dan Ketajaman lidah bukan termasuk kebaikan.

3. Orang akan menjauhi mu

Di jauhi Seseorang rasanya tidak enak, apa lagi semua orang terdekat menjauhi mu karena lisanmu yang tak terjaga, karena lidahmu yang tak bisa di kendalikan. Sakit bukan? Sama sakitnya ketika seseorang merasa tersakiti dengan perkataan mu. Orang yang merasa tersakiti dengan lisanmu, dengan lidahmu, dia akan menjauhi mu, Selain ingin membuatmu sadar juga ingin membuatmu berubah. Tetapi terkadang ada juga yang menjauhi mu karena dia merasa sangat tersakiti.

4. Menimbulkan dendam

Dendam itu menyakitkan, Seseorang yang menyimpan dendam kepadamu, mungkin dia sudah merasa lelah dengan perkataan mu, dengan lidahmu! Ada yang menciptakan dendam secara langsung, secara Langsung di sosial media, tidak langsung dan menyimpan dendamnya dalam lubuk hati paling dalam. Kadang yang menyimpan dendam di dalam lubuk hatinya, dia mungkin tidak tega. Jika dia menyatakan dendamnya secara langsung, dia adalah orang yang bar-bar, orang yang berani.
Dendam, mungkin dia akan balas berkata bahaya kepadamu, atau mungkin lebih dari itu. Mulai sekarang sebaiknya belajar menjaga lisan dan lidah!

5. Menimbulkan perdebatan

Perdebatan adalah suatu hal yang menimbulkan konflik batin. Jika salah mengunakan lidah untuk berbicara, seseorang dan kamu akan berdebat. Yang satu ingin mempertahankan perkataannya, yang satu lagi juga. Bagaimana ?
Sebaiknya jika sudah terjadi peedebatan kamu harus mengalah, akui jika perkataanmu menyakiti hati orang lain, jika lidahmu tak terjaga, katakan padanya, Kamu akan berubah, akan belajar mengunakan lisan dengan baik, akan belajar berkata baik dan tidak menyakiti hati orang lain. Bukan hanya akan tetapi kamu juga harus membuktikan dari lisan dan juga perbuatan, dengan begitu perdebatan akan berakhir, yang salah akan tetap salah dan yang benar akan benar, sekuat apapun menggenggam kesalahan, kesalahan itu akan lepas dan membawa kebenaran yang sesungguhnya.

6. Membuat orang lain tidak percaya lagi kepadamu

Kepercayaan adalah hal terpenting dalam sebuah komunikasi dan juga hubungan sosial.
Karena lisan yang tak terjaga dan lidah berbahaya seseorang justru tidak akan percaya lagi kepadamu, mungkin dia kapok, tidak ingin lagi berbicara denganmu. Jika kamu berbicara mungkin dia tidak akan percaya, jika di logika memang benar, kepercayaan bukan untuk di mainkan. Sekali dapat di percaya, jika berkali-kali tidak bisa percaya lagi, selain sakit hati, tidak di percayai juga sangat menyakitkan.Lisan adalah cerminan diri. Jika orang lain sudah tau lisanmu, mungkin dia akan mudah menyimpulkan keseluruhan dirimu itu seperti apa. Berubah jadi baik itu indah lo! yuk, berkata baik sekaligus menjaga lisan.

7. Membuat orang lain membencimu

Jika lisanmu tak terjaga dan berbahaya, kamu akan mengalami, di benci orang lain. Di benci itu menyakitkan, jika seseorang membencimu karena lisan yang tak terjaga, dan juga perkataan yang bahaya itu mungkin karena seseorang itu sangat lelah denganmu, sudah bosan dengan Perkataanmu yang tak pernah kamu jaga, mungkin juga mereka sangat menyimpan dendam. Walau kamu sudah meminta maaf tetapi seseorang itu tetap membecimu, mungkin dia Merasa Sudah kecewa. Di benci itu sakit, sama lebih sakit dari pada mendapat perkataan yang bahaya, yang tak terjaga, sekaligus menyakitkan. Benci, menimbulkan perselisihan, menimbulkan dendam, menimbulkan konflik amarah.

8. Membuat orang lain marah

Marah, hal yang mungkin sudah di lakukan semua orang. Semua orang pasti pernah marah, walau hanya sekali, dua kali. Jika lidahmu tak terjaga dan menimbulkan lisan berbahaya, sesorang akan marah kepadamu. Mungkin ada yang langsung marah, ada yang marah dalam diam. Mungkin seseorang marah dengan tujuan, ingin menyadarkanmu, dan juga sangat kecewa kepadamu, jika seseorang sudah marah, jangan marah balik, netralkan meminta maaflah, karena memang kamu salah. Membuat orang lain marah karena lisan juga termasuk suatu kesalahan.

Mulai sekarang, yuk belajar berkata baik, juga menjaga lisan. Lidahmu berbahaya, jika tidak terjaga akan menimbulkan kerugian!

Artikulli paraprakPengertian Lembaga Sosial
Artikulli tjetërTips Hemat Untuk Pelajar