Beranda Latihan Soal Contoh Dan Cara Tes Kraepelin Terbaru 2023, Wajib Diketahui!

Contoh Dan Cara Tes Kraepelin Terbaru 2023, Wajib Diketahui!

Tes Kraepelin Terbaru 2022 – Tes ini adalah rangkaian dari tes psikotes untuk proses seleksi pengawai, karyawan pada suatu perusahaan. Baca Juga: Istilah Penting dalam Psikologi yang Wajib di Ketahui!

Emil Kraepelin adalah yang pertama kali mengembangkan tes ini untuk mendiagnosis penyakit Alzheimer dan Demensia. Hingga pada tahun 1938 di gunakan untuk mendapatkan data kepribadian seseorang.

Lambat tahun pun tes kraepelin di pakai untuk mengukur aspek kecepatan, daya tahan, kemauan, ketelitian, stabilitas emosi dan penyesuaian diri dalam menghadapi dunia kerja.

Dalam mengerjakannya kamu membutuhkan konsentrasi dan fokus penuh agar dapat menyelesaikan tes secara cepat dan tepat.

Kali ini sobat bakal bagi beberapa persiapan beserta contoh soal dan jawaban untuk berlatih tes kraepelin ketika akan mengikuti seleksi kerja di suatu perusahaan.

Ketentuan Pengerjaan Tes Kraepelin

Pada tes ini akan terdiri deretan angka-angka 0-9 yang mana terdapat 45 kolom dan 60 baris yang tersedia pada lembar keja layaknya koran. Hal ini yang membuatnya sering di sebut tes koran. Berikut beberapa ketentuan dalam pengerjaannya.

• Jumlahkan angka yang berdekatan tersebut dari bawah ke atas.
• Tulis hasil penjumlahan di sebelah kanan antara kedua angka yang dijumlahan sebelumnya.
• Tulislah hanya angka satuannya saja, jika hasil penjumlahan lebih dari 9.
• Biasanya pada 30 detik akan ada instruksi pindah, hal tersebut menganjurkan peserta berpindah untuk mengerjakan penjumlahan pada kolom berikutnya.
• Jika asa kesalahan dalam penjumlahan dan ingin menggantinya, maka cukup coret saja angka yang salah dan tulis hasil yang benar di sebelah kanannya.
• Tes kraepelin ini juga tidak ada lembar kerja tambahan jika waktu yang ditentukan sudah habis.

Tips & Trik Tes Kraepelin

Sebenarnya dalam mengerjakan tes ini secara langsung anda benar-benar membutuhkan konsentrasi tinggi. Nah beberapa tips dan trik berikut ini dari pusatilmupengetahuan yang nantinya semoga cukup membantu sobat:

1. Siapkan alat tulis berupa pulpen dan harus adanya candangan. Sebaiknya jangan menggunakan pensil mekanik yang mudah patah dan nantinya memakan waktu untuk pengisian ulang.
2. Saat menulis hasil penjumlahan, lirik juga soal berikutnya yang berdekatan dan langsung pikiran hasilnya dengan begitu akan mengefektifkan waktu.
3. Usahakan angka yang dapat dijumlahkan stabil grafiknya di banding sobat memaksa mengerjakan di awal tetapi kesulitan di pengerjaan soal berikutnya.
4. Sebelum tes kraepelin persipakan diri dengan mengikuti latihan dan terus belajar mengerjakan contoh tes baik dari buku atau internet.
5. Terkait penjumlahan ialah pada meningkatkan daya ingat trik sederhananya dalam penjumlahan yakni jika menemukan penjumlahan angka 9 maka kurangi 1 lawan penjumlahannya dan penjumlahan angka 8 kurangi lawan penjumlahan oleh 2, selanjutnya ketika penjumlahan 7 juga kurangi lawan penjumlahannya oleh 3.
6. Paling utama kondisi fisik anda dalam keadaan sehat secara jasmani dan rohani.
7. Lalu berikan konsentrasi, fokus tinggi dan tidak memikirkan hal lain saat mengerjakan tes.

Cara Mengerjakan Tes Kraepelin

Tes Kraepelin Terbaru

Keterangan
• Angka yang dicetak tebal ialah penulisan dari hasil penjumlahan dua angka pada soal tes
• Tanda (pindah) berarti anda harus mengerjakan kolom angja selanuutnya pada soal.

Penilaian Hasil Tes Kraepelin

Karena jenis ini digunakan untuk mengukur kepribadian seseorang, maka dari itu ada beberapa penilaian sikap yang dapat dinilai dari hasil tes kraepelin:

Pertama, hasil penjumlahan angka yang rendah menunjukkan bahwa peserta seleksi tes mengalami stress atau pun depresi yang bisa disebabkan oleh trauma atau pun tekanan yang berat.

Kedua, jika adanya penurunan grafik hasil tes maka hal tersebut menujukkan peserta kehilangan ingat sesaat

Ketiga, sebaliknya jika grafik yang ditunjukkan besar antara puncak tertinggi dan terendah. Hal tersebut menunjukkan peserta mengalami gangguan emosional seperti kemarahan dan kecemasan yang terlalu kuat, lalu sulit berhubungan dengan orang lain atau sedang mengalami konflik yang berat.

Keempat, jika terlalu banyak kesalahan dalam hasil penjumlahan angka menunjukkan peserta mengalami distraksi mental dan rasa tidak nyaman.

Baca Juga: Berapa Detik Waktu Tes Kraepelin? Inilah Jawabannya

Jadi bagaimana sobat ilmusaktiku.com Pusatilmupengetahuan, apakah sudah dirasa paham terkait Contoh Dan Cara Tes Kraepelin Terbaru? Kemudian jika di rasa artikel di atas bermanfaat dan membantu anda. Anda baiknya menyebarkan kebaikan demi solusi bagi yang lain. Serta kami juga mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan kedepannya. Kurasa cukup sekian dan ucapkan terimakasih.

Artikulli paraprakSoal Psikotes Kerja Dan jawabannya 2023
Artikulli tjetërManfaat Dari Membaca Al-Quran