Beranda SMA Materi Mata Pelajaran Sosiologi SMA Pengertian Perubahan Sosial

Pengertian Perubahan Sosial

Pengertian Perubahan Sosial

Pengertian Perubahan Sosial – Pada zaman dahulu, mungkin tepatnya sekitar ribuan tahun sebelum sekarang jumlah manusia tidak terlalu banyak seperti sekarang mungkin hanya ribuan, ratusan, atau bahkan hanya puluhan saja.

Tetapi saat ini saat kita keluar rumah saat liburan dan mencoba mengunjungi suatu objek wisata “Monas” misalnya, kita melihat sekumpulan manusia sejauh mata memandang dan jumlahnya mungkin ribuan manusia itu baru satu tempat saja lantas bagaimana dengan tempat wisata lain? bagaimana juga dengan berbagai tempat lainnya di seluruh indonesia bahkan dunia?, wahh… pastinya jumlah manusianya jauh lebih banyak ya.

Pengertian Perubahan Sosial

Pada tahun 1961 penduduk Jakarta hanya berjumlah sekitar 2,9 juta jiwa saja tapi sekarang jika kita amati pada siang hari saja ada sekitar 3 juta penduduk datang ke Jakarta dan berasal dari berbagai kota bahkan provinsi dengan berbagai kepentingan.

Pada tahun 2019 jumlah penduduk di Jakarta mencapai 10 juta jiwa dimana tentunya jumlah itu sangat banyak dan memiliki kenaikan yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pembahasan diatas adalah salah satu gambaran keadaan yang berkaitan dengan sosiologi karena pembahasan diatas menggambarkan kepada kita untuk memahami apa serta bagaimana masyarakat   melakukan suatu perubahan didalam kehidupan sosialnya sehingga hal tersebut sangat berkaitan dengan bertumbuhnya jumlah penduduk.

Perbedaan Masyarakat Dahulu dan Sekarang

Seperti pembahasan diatas, jika jika flash back kota Jakarta dahulu penduduknya hanya berkisar 2,9 juta jiwa saja rumah-rumah, gedung, pusat perbelanjaan serta berbagai bangunan yang ada pada zaman itu sangatlah sedikit masih bisa kita hitung dengan jari kita bahkan pada saat itu kita sulit menemukan kemacetan namun, sekarang keadaan tersebut seperti terbalik.

Saat ini kita menjumpai banyak sekali rumah-rumah, bangunan, pusat perbelanjaan, bahkan saat ini kita banyak menemukan kemacetan disekitar kita. Saat ini ada sekitar 3 juta jiwa yang ramai datang ke jakarta tentunya dengan berbagai kepentingan mereka masing-masing, umumnya mereka datang dari berbagai kota yang berada disekitar Jakarta seperti Bekasi, Tanggerang, Depok, Bogor, Cikarang dan lain sebagainya dengan berbagai kepentingan.

Kehidupan Manusia yang Mengalami Perubahan

Seiring berjalannya waktu ada banyak sekali perubahan-perubahan pada masyarakat yang terjadi saat ini, ada perubahan yang kita sadari dan ada pula yang tidak kita sadari dari perubahan tersebut.

Sebagai contoh: coba teman-teman perhatikan lingkungan tempat tinggal kalian apakah masih ada telpon umum? atau warung telepon (wartel)?, sekarang jika kita amati pastinya kita tidak menemukan kembali adanya fasilitas seperti telepon umum, wartel dan lain sebagainya.

Saat ini yang ramai kita bicarakan adalah harga internet operator ini murah tidak ya? atau jaringan ini bagus dan lancar atau tidak? atau pertanyaan yang cukup banyak muncul adalah apakah ditempat ini ada wifi? dan lain sebagainya nahh.. tentunya sangat berbeda antara kehidupan masyarakat dahulu dan sekarang.

Saat ini kita tidak perlu repot-repot datang ke wartel atau telepon umum untuk berkomunikasi, kita Cukup angkat dan menggunakan smartphone kita untuk melakukan semua hal yang kita inginkan, seperti berkomunikasi dan lain sebagainya.

Kondisi diatas adalah gambaran adanya perubahan kehidupan pada masyarakat

Siapa yang Mengalami Perubahan?

Pada zaman dahulu semua orang tentunya tidak pernah terbayang bahwa akan ada alat canggih yang besarnya hanya seukuran sandal mereka kemudian alat tersebut bisa melakukan banyak hal termasuk berkomunikasi suara bahkan wajah atau mengantarkan kita menuju suatu tempat yang kita inginkan namun, situasi seperti ini sudah kita rasakan sekarang dimana ketika kita ingin pergi ke suatu tempat cukup angkat smartphone dan pilih kemana kamu hendak pergi, nahh dari ilustrasi diatas kita sepakat bahwa kita mengalami perubahan-perubahan ini.

Individu dan Masyarakat

Pada pembahasan diatas kita tahu bahwa semakin bertambah suatu penduduk pada suatu wilayah sangat berkaitan erat dengan sosiologi dan hal itulah yang menandakan terjadinya perubahan dalam masyarakat.

Sebagai makhluk sosial kita tidak dapat hidup sendiri, tentunya kita bergantung pada orang lain.

Manusia adalah makhluk yang bebas, bebas disini memiliki pengertian bahwa manusia bebas untuk bercita-cita atau bahkan melakukan suatu perubahan tertentu.

Misalnya, pada zaman sebelumnya mungkin saat kita hendak makan atau berpergian kita harus keluar rumah namun, saat ini kita cukup memesannya dengan smartphone kita.

Nah.. hal tersebutlah yang menjadi sebab adanya perubahan yang terjadi saat ini.

Pengertian Perubahan Sosial menurut Kingsley Davis

Kingsley Darvis adalah sosiolog yang berasal dari Amerika Serikat mengatakan dalam bukunya yaitu “Human Society” mengenai perubahan sosial yaitu:

Perubahan sosial sebagai Perubahan-perubahan yang terjadi
dalam Struktur dan Fungsi Masyarakat

Dalam hal ini telah terjadi perubahan dalam struktur dan fungsi masyarakat desa akibat berkembangnya industrialisasi yang terjadi didesa tersebut.

Awalnya struktur sosial masyarakat pedesaan yaitu Homogen dan Tradisionalis berubah menjadi Heterogen dan Beragam.

Berbagai pola hubungan didalam masyarakat juga ikut berubah karena dipengaruhi oleh semakin beragamnya pekerjaan yang terspesialisasi, seperti laundry, warnet dan lain sebagainya.

Hubungan Antara Kasus dan Konsep menurut Kingsley Davis

Perubahan-perubahan sosial yang terjadi saat ini dialami oleh masyarakat modern saat ini, dapat dilihat dari adanya perubahan struktur dan fungsi sosial yang ada dalam Keluarga.

Perubahan tersebut dapat kita lihat dari adanya pola hubungan antara suami istri dalam menjalankan status dan peran barunya dalam keluarga, baik berkarir bekerja maupun dalam berumah tangga.

Artikulli paraprakAutisme dan Mengapa Tidak Boleh Diabaikan
Artikulli tjetërPengertian Lembaga Sosial