Home Pendidikan Inilah Tes Kraepelin Dan Jawaban Terbaru

Inilah Tes Kraepelin Dan Jawaban Terbaru

Cara mengerjakan Kreplin

Tes Kraepelin dan jawaban sebenarnya bisa Anda pelajari agar Anda mendapatkan hasil tes yang memuaskan. Tes ini sendiri merupakan salah satu jenis psikotes di dalam rekrutmen kerja. Tujuan tes ini adalah untuk mengukur hard skill calon karyawan.

Tes ini terbilang cukup penting di dalam sebuah proses rekrutmen karyawan. Dan pada ulasan kali ini kami akan memberikan beberapa tips dan cara mengerjakan tes Kraepelin.

Tes Kraepelin dan jawaban

Apa Itu Tes Kraepelin?

Tes Kraepelin sendiri merupakan sebuah alat ukur yang dibuat oleh seorang psikiater dari Jerman yang bernama Emil Kraepelin. Tes ini sudah ada sejak abad 19 dan awalnya bertujuan untuk mendeteksi abnormalitas pada setiap individu.

Namun kini tes tersebut juga menjadi salah satu tes yang banyak perusahaan dan kalangan militer gunakan. Untuk mengetahui mengukur skill seseorang dengan cara menyelesaikan semua soal yang ada pada tes ini.

Para peserta harus mengerjakan soal penjumlahan dasar beruntun yang melibatkan angka 0 hingga 9. Setiap tes biasanya akan berjalan dalam waktu 30 detik untuk setiap kolom.

 

Tujuan Tes Kraepelin?

Tujuan tes ini adalah untuk melihat konsistensi, kecepatan, stabilitas emosi, ketelitian hingga ketahanan kerja para pesertanya.

 

Cara Mengerjakan Kraepelin

Tes ini sendiri sebenarnya cukup mudah karena pada umumnya hanya menggunakan penjumlahan dasar 1 angka. Oleh sebab itu, setiap kali mengikuti tes ini, sebaiknya Anda juga ikuti setiap instruksi yang ada. Nah, kira-kira berikut ini adalah cara mengerjakannya:

  1. Jumlahkan masing masing angka dengan teliti, fokus dan tenang.
  2. Apabila Anda mendapatkan hasil puluhan. Maka Anda bisa membuang angka puluhan. Dan tuliskan angka satuan saja.
  3. Anda bisa melanjutkan hingga batas waktu 1 kolom habis.
  4. Apabila penguji telah menginstruksikan Pindah maka Anda harus segera pindah ke kolom yang berikutnya. Anda tak perlu melanjutkan sisa kolom yang sebelumnya. Sebab hal ini akan membuat gap antar kolom menjadi semakin besar. Sehingga membuat skor stabilitas emosi menjadi semakin rendah.
  5. Anda bisa mengulangi langkah 1 hingga 4 dengan lebih teliti, fokus, tenang dan pastinya lebih percaya diri.
  6. Anda juga harus menjaga ritme menghitung sehingga gap antar kolom tidak menjadi terlalu besar.
  7. Jangan lupa untuk melatih penjumlahan dasar secara rutin. Agar Anda bisa memperoleh skor kecepatan kerja yang tinggi.

 

Dengan mempelajari cara mengerjakan Kraepelin di atas maka akan memudahkan Anda untuk menguasai tes ini. Sehingga bisa memperoleh skor yang tinggi dan memuaskan.